13 Agustus 2007

How Art Your Car Today?

Ini cuma Bemo, angkutan umum yang ada di kota Kupang, NTT.
Bemo di Kupang menjadi angkutan umum paling populer sejak lama, meskipun saat ini mulai agak tergeser dengan keberadaan motor ojek yang menjamur.
Angkutan bemo merupakan fenomena unik di Kota Kupang karena selain dilengkapi dengan audio dengan power yang besar, bemo juga dihiasi berbagai asesoris di dalam dan di luarnya. asesoris di dalam biasanya berupa boneka, takometer, lampu-lampu, atau sekedar car freshener untuk memanjakan hidung penumpangnya.
Saat ini jumlah bemo di kota Kupang tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Jika 5 tahun lalu dari 10 mobil yang melintas di jalanan, 6 di antaranya adalah bemo dan hanya 4 mobil pribadi, artinya 60% mobil yang melintas di kota Kupang saat itu adalah bemo. Namun saat ini perbandingannya sudah berbalik, bemo hanya sekitar 35% dari sekian mobil yang melintas.

Bahkan begitu populernya bemo Kupang saat itu, hingga sering diadakan kontes audio bemo tahunan. Saat itu kualitas dan kekuatan audio sebuah bemo akan menentukan kepopuleran bemo tersebut. Perlu diketahui bahwa setiap bemo di kota Kupang (dan juga di NTT) selalu memiliki nama tersendiri, serta untuk menentukan jalur yang dilewati ditandai dengan nomor yang ditempatkan di atas bemo dengan sebuah lampu di dalamnya. Oleh karena itu jalur jurusan bemo dikenal melalui nomor di lampunya. Jika di tempat lain jalur angkutan umum dikenal melalui tempat yang dilaluinya, maka bemo kupang dikenal melalui lampunya 'Kakak mau naik bemo lampu berapa?..
Dengan dentuman musik yang cukup kuat, maka otomatis di dalam sebuah bemo yang berjalan kita akan kesulitan untuk ngobrol atau berkomunikasi dengan orang lain. Nah jika seorang penumpang ingin turun di suatu tempat, ga perlu berteriak kepada sopir atau kondekturnya, cukup ketukkan jari atau uang logam/cincin anda ke kaca atau handle yang ada di dalam mobil dan dengan sigap sopir bemo akan ngerem dan putar setir ke kiri. Nah akibat seringnya si sopir putar setir mendadak untuk menurunkan penumpang ini, di Kupang sering terjadi kecelakaan kecil bagi pengendara motor di belakangnya.

Fenomena baru dari bemo Kupang saat ini adalah adanya hiasan tambahan di setiap bidang kacanya, mulai dari kaca depan, samping dan kaca belakang. hiasan ini biasanya berupa lukisan stiker mirip seni kaca patri. Yups.. Bemo Kupang semakin semarak dan semakin artistik.

Jika anda ke kota Kupang dan tidak mencoba menggunakan angkutan bemo ini, rasanya kurang lengkap. Karena Bemo sudah menjadi salah satu icon kota Kupang. Nah jika ingin menggunakan jasa angkutan bemo, sebaiknya perhatikan dulu jalur yang akan dilaluinya melalui angka yang ada di lampu di atas kabin. Sebagai informasi awal, bisa dilihat dibawah ini;
lampu 1 : Sikumana-Oepura-Kuanino-Oeba
lampu 2 : Oepura-Kuanino-LLBK-Kampung Solor-Oeba
lampu 3 : Terminal Kupang-Kuanino-Bakunase
lampu 6 : Oebufu/Flobamora mall-Oebobo-terminal Kupang
Lampu 5 : Oebobo-Oeba-Terminal Kupang
lampu 7, 27 : Walikota-Kpang
Lampu 10 : Walikota-Pasirpanjang-Kupang*
*sumber : Organda (organisasi gadis dan janda)


6 komentar:

Anonim mengatakan...

Viva Bemo Kupang Forever

Anonim mengatakan...

msih ada lg g gmbr yng lain?

kEHiduPAN mengatakan...

Bemo kupang is the best....

Anonim mengatakan...

Bemo nya bagus bagus ya... mungkin orang sana selektif pasarnya/penumpangnya, jadi kalo jelek ga usa naek.

Anonim mengatakan...

bemo Q-panx emang bs bikin jantung rontok..yg pasti ga ngantuk naik tuh bemo cm ya musti tahu jalur, di terminal konjak suka barebut penumpang

Alamsyah mengatakan...

baru pertama ke kupang...

terus naik bemo kupang rasanya mantappp....

kuping rasanya mau pecah
klo mau naek bemo kupang disarankan bawa penutup telinga atau apalah
beneran suara soundnya menggelegar

klo misalkan kita diluar bemo kira2 jarak 5 meterlah sura sound tu bemo masih terdengar