11 Juni 2007

Raflesia, kok di Flores?

Pagi ini, sambil sarapan pagi di rumah aku dengerin satu siaran radio lokal. kali ini si penyiar membacakan satu artikel tentang salah satu tumbuhan langka yang ada di Indonesia, Bunga Raflesia ... "Bunga Raflesia yang disebut juga Bunga Bangkai merupakan jenis tumbuhan langka karena tumbuhan ini tidak memiliki batang, tidak memiliki daun, dan tidak memiliki akar, tumbuhan ini hanya tumbuh di Pulau Kalimantan dan Sumatra... bla..bla..bla.."
Grlhh..? ... Bunga Raflesia hanya tumbuh di Kalimantan dan Sumatra...?
aku langsung ingat dengan koleksi foto digitalku, aku pernah memotret sejenis bunga yang ciri2nya mirip dengan Raflesia, tapi bukan di Kalimantan, bukan juga di Sumatra? aku memotretnya di sebuah hutan di dekat sebuah kampung di Flores. bahkan aku sempat memotret dua bunga yang berbeda di lokasi yang berdekatan, namun dalam waktu yang berbeda. foto yang pertama aku ambil di bulan Oktober 2004, dan foto yang kedua aku ambil satu bulan sesudahnya. Aku yakin kalo kedua bunga itu adalah jenis Bunga Raflesia sebab bunga yang aku potret pertama hanya hidup tidak lebih dari seminggu setelah aku temukan (aku potret), dan bunga itu juga ga punya daun dan batang...
ini bunga apa ya....??!#*^



3 komentar:

Anonim mengatakan...

kami gak tau jenisnya, tapi yang pasti bukan dari jenis Raflesia, dari fotonya bunga itu lebih mirip bunga bangkai dari genus Amorphophalus.

Anonim mengatakan...

Bunga sejenis yang sperti di gambar, saat ini banyak mekar di Bali. Di Jl. Setra, Desa belega-Gianyar Bali. Kalau mau gambarnya nanti saya kirimkan. Ada puluhan yang sedang mekar minggu ini.

Tatang M Assa

Anonim mengatakan...

Iya,kalau Raflesia itu bunganya melaebar,bukan meninggi.Yang di foto itu Amorphophallus.Tapi beda lho...Raflesia pakai Spora yang ditumbuhkan di tumbuhan inang.Amorphophallus pakai Umbi.